NEWS UPDATE :  
Sdit Ihsanul Fikri

Berita

Ucapan Milad JSIT

HARAPAN GURU UNTUK BAPAK MENTERI PENDIDIKAN TERPILIH

Selamat mengemban amanah untuk Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terpilih. Semoga membawa angin segar untuk mewujudkan sistem pendidikan Indonesia semakin baik dan berkualitas.

Pendidikan pada dasarnya merupakan usaha sadar dan terencana,terstruktur, sistematis untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya  untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. 

Output dari pendidikan adalah mewujudkan akhlak yang mulia atau berkarakter dan ilmu pengetahuan.
Saat ini kita sedang menghadapi di era revolusi Industri 4.0, revolusi ini  merupakan era inovatif disruptif yang mana di era ini berkembang sangat pesat sehingga membawa dampak terciptanya pasar baru bahkan lebih dahsyatnya lagi era ini mampu menggangu atau merusak pasar yang sudah ada, menggantikan teknologi yang sudah ada. Era digital ini bukan hanya berdampak pada bidang industry saja akan tetapi berdampak ke segala aspek kehidupan manusia di dunia tanpa kecuali  dunia pendidikan. Menghadapi tantangan yang besar era revolusi industry 4.0 ini, maka pendidikan dituntut untuk berubah juga karena kita hanya disuguhkan dua pilihan yaitu berubah ke arah yang lebih baik atau mati. Era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi industry 4.0 disebut pendidikan 4.0 yang cirinya memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan cyber system dan mampu membuat proses pembelajaran berlangsung secara kontinyu tanpa batas ruang dan waktu. Dengan adanya Bapak menteri yang baru dengan basic kemampuanya menguasi teknologi kami berharap agar bapak bisa mendengarkan aspirasi guru dan bisa menindaklanjutinya. Adapun beberapa harapan kami kepada bapak menteri pendidikan yang baru diantaranya:
1. Para guru dan siswa bisa mengembangkan literasi teknologi sehingga ada kurikulum yang memacu para  siswa bisa membuat aplikasi yang positif dalam membantu proses pembelajaran diantaranya ada pelajaran coding untuk level SMP dan SMK agar ketrampilan anak terasah.
2. Akses jaringan internet bisa dinikmati di penjuru tanah air, sehingga yang menikmati tidak hanya kalangan tertentu saja. Jaringan internet selama ini belum merata dan masih banyak masyarakat belum bisa menikmatinya atau mengaksesnya.
3. Kami berharap meskipun sekarang berada di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 tidak meninggalkan pembentukan akhlak  atau karakter bangsa. Pembentukan karakter harus menjadi agenda prioritas agar moral bangsa tetap baik dan terjaga, bagaimana menanamkan kepada manusia untuk menjadi manusia berkarakter agar bijak menggunakan teknologi baik masa kini hingga masa depan.
4. Membuat aplikasi berbasis Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau aplikasi administrasi nilai sehingga memudahkan pekerjaan guru, sehingga guru tidak di sibukkan dengan administrasi saja.
5. Membawa perubahan pendidikan Indonesia menuju Indonesia berbasis Teknologi.
6. Sistem pendidikan berdasarkan kompetensi harus berkarakter, Sistem pendidikan berdasarkan kompetensi bukan hanya informasi saja namun berdasrkan kompetensi skill dan harus relevansi.

7. Memperjuangkan kesejahteraan para guru di seluruh tanah air.


Demikian harapan dari kami, semoga bapak menteri bisa merealisasikannya.


 Penulis by: Siti Sarni Fatmawati

 #myschid #hariguru2019 #gurumenulis #sditifkotamagelang



Search
Kalender

Juni 2021

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30
Komentar